Skip to main content

Penyebab muntah dan inilah yang terjadi

Image result for vomiting
Mengapa saat muntah kita mengeluarkan banyak ludah? Mungkinkah cairan muntah masuk ke paru-paru saya? Mengapa keringat dingin muncul saat muntah? Beberapa pertanyaan yang sering terlintas di benak kita, dan kini semua akan terjawab dalam artikel ini.
Muntah merupakan respon alami tubuh untuk menghindari racun atau hal yang membahayakan tubuh. Jadi penyebab muntah adalah zat beracun yang masuk ke tubuh kita, atau keadaan berbahaya seperti saat kita stress berat. Kejadian muntah diinisiasi dari 3 tempat, yakni (1) pusat muntah dalam otak yang disebut sebagai Central Trigger Zone (CTZ), (2) pergerakan secara mendadak dari organ keseimbangan yang dekat dengan telinga kita, atau (3) sel-sel dalam lambung anda yang merespon racun pada makanan.
Central Trigger Zone (CTZ) Merespon racun di lambung

1. Batang otak
Proses muntah terjadi melalui suatu rangkaian yang berurutan, seperti tuh nya tumpukan kartu domino. Proses ini dimulai dari penerima rangsangan muntah yang terdapat di dalam lambung anda sel tersebut mendeteksi adanya senyawa yang membahayakan bagi tubuh. Sel tersebut kemudian mengirimkan sinyal dengan cepat ke Batang otak tepatnya pada CTZ. Dari sini kita tahu ternyata muntah merupakan pertanda yang baik, yakni menandakan bahwa batang otak anda masih sehat.
Peningkatan produksi air liur untuk melapisi gigi dan organ lain di mulut

2. Kelenjar ludah
Otak kemudian memerintahkan kelenjar ludah untuk memproduksi air liur lebih banyak. Air liur berfungsi untuk melapisi organ mulut seperti gigi dan yang lainnya dari terjangan cairan muntah, karena air liur bersifat basa sehingga mampu menetralkan asam lambung dalam cairan muntah. Inilah bagian yang menjelaskan mengapa air liur kita banyak keluar ketika kita ingin muntah, bahkan tidak jarang beberapa orang banyak meludah sebelu muntah, karena banyaknya produksi air liur ini.
kontraksi diafragma

3. Diafragma
Otot diafragma Anda kemudian berkontraksi untuk mengembangkan secara maksimal paru-paru anda. Proses ini memiliki dua fungsi pertama membuat paru-paru menghirup udara semaksimal mungkin sehingga mencegah terhirupnya cairan muntah. Kedua, kontraksi tersebut memberikan penekanan yang kuat pada lambung anda. 
Penutupan Glositis

4. Glotis
Katup saluran nafas (glotis) kemudian akan menutup saluran paru-paru untuk mencegah masuknya cairan muntah ke saluran nafas. Namun tekanan pada diafragma menimbulkan  gerakan muntah pertama yang dirasakan sebagai muntah kering. Inilah yang menjelaskan mengapa gerakan muntah yang pertama terjadi tanpa keluarnya cairan muntah.
Kontraksi Otot Perut

5. Otot perut
Untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam lambung selanjutnya akan terjadi seluruh otot perut. Namun untuk mencegah terjadinya aliran cairan muntah ke saluran cerna bawah, maka otot pada bagian bawah lambung atau yang disebut sebagai pilorus berkontraksi untuk mengunci Saluran ini
Reaksi kelenjar keringat dalam merespon kontraksi perut yang mendadak

6. Kulit
Kontraksi seluruh otot perut yang terjadi secara mendadak tersebut tentunya akan meningkatkan suhu tubuh, sehingga mekanisme untuk menurunkan suhu tubuh diperlukan dengan segera. Maka dari itu saraf simpatis pada tubuh akan diaktifkan untuk membuat kelenjar keringat bereproduksi sehingga panas pada tubuh dapat dilepaskan.


Comments

Popular posts from this blog

Mulai menulis - terimakasih untuk orangtua saya, karena hari ini saya sudah 20 tahun bersama kasih sayang kalian

Tanggal 12 maret 2013 kemarin adalah hari ulang tahun saya yang ke 20 tahun. Sebuah hari yang sangat spesial bagi saya, karena kebetulan bertepatan dengan hari raya nyepi. Sebuah hari raya yang sangat saya sukai. Sebuah hari kelahiran yang sangat saya syukuri.
Saya menyukai hari raya nyepi karena ini satu-satunya hari raya yang tidak di rayakan. Tidak membuang energi untuk melakukan sesuatu hal, hanya cukup berdiam diri di dalam rumah. Tanpa lampu, tanpa beraktifitas, tanpa berinteraksi dengan tetangga, tanpa keluar rumah, dan tanpa menggunakan gadget (meskipun saya menggunakan untuk berterimakasih membalas ucapan selamat ulang tahun teman dan saudara saya). lalu apa yang kita lakukan dong? Hanya diam meng-sepi-kan lingkungan sesuai nama harinya, nyepi. Hal yang saya sukai dengan hari raya nyepi karena di hari ini kita dapat berterimakasih dengan tubuh kita yang sudah bekerja dengan penuh perjuangan selama 1 tahun dengan mengistirahatkan tubuh selama 1 hari penuh (hari raya nyepi dil…

#BukaInspirasi untuk 90 Hari Pertama UKM Anda

Keputusan yang Anda buat di awal bisnis (Usaha Kecil Menengah/UKM) berdampak pada laba dan rugi, bahagia dan sakit hati, kesuskesan dan kegagalan. Dalam artikel kali ini, saya merangkum apa yang Anda butuhkan untuk memulai dengan benar, termasuk rencana untuk 90 hari pertama memulai bisnis. Ada pula saran dari pengalaman nyata beberapa rekan pengusaha sukses yang saya kenal. Dilengkapi pula dengan checklist tindakan untuk menghemat uang Anda dimasa depan, dan jawaban atas rahasia keberhasilan dari sebuah bisnis. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang Anda buat setelah membaca artikel ini. Mimpimu telah berakhir. Memulai bisnis dimulai hari ini September, artinya mendekati tahun 2019. Anda pasti telah lama membayangkan produk ciptaan Anda terjual di supermarket dan mencoba menjelaskan pada pemilik supermarket mengenai keunggulan kompetitif dari produk tersebut. Anggaplah tahun ini anda bertekad meluncurkan bisnis tersebut. Pasti anda mulai bingung harus mulainya dari mana bukan? Beriku…

Terapi Khusus dari ASUS

“ini dokter, saya sering sekali merasakan perih pada mata setelah main laptop” keluhan seorang pasien pagi ini, dengan matanya yang merah dan berair. Bekerja di puskesmas di Bali membuat saya kerap kali putar otak untuk mengobati keluhan di atas. Kami menyebutnya penyakit millennial. Penyakit akibat kemajuan teknologi ini semakin banyak terjadi, mulai dari keluhan pada mata, nyeri leher, hingga kekakuan pada jari. Kebetulan sebagian besar usia pasien dengan penyakit ini adalah kaum muda atau millennial yang telah akrab dengan teknologi sedari lahir. Namun sesungguhnya teknologi dapat memberi manfaat seperti yang saya lakukan dengan Laptop ASUS WX232D saya.
Kami menyebutnya sebagai Terapi ASUS. Nama ini terlahir dari laptop ASUS yang mempermudah terapi edukasi pada pasien tanpa batasan usia. Pada pasien tua ini menjadi daya tarik karena penyakit dapat dijelaskan lewat gambar dan animasi. Semakin menarik pada pasien anak-anak karena daya ingin tau yang membuat mereka betah menonton penjel…