Skip to main content

Cerdaskan Otak dengan Video Game


Selama bertahun tahun video game dianggap sebagai malapetaka bagi seorang anak, karena teror kebodohan yang diakibatkan oleh permainan modern ini. Namun tidak sedikit ilmuan menemukan bahwa banyak dampak positif video game terhadap otak, seperti bertambahnya kecerdasan visuospatial & kemampuan kognitif seorang anak. Para ilmuan neurosains (saraf dan otak) telah berdebat selama beberapa dekade mengenai dampak video game terhadap otak, mereka memperdebatkan apakah videogame cenderung berdampak negatif atau positif? Namun kini perdebatan itu telah diselesaikan oleh seorang ilmuan Spanyol.

Marc Palaus & beberapa Ilmuan neurosains dari Universitas Oberta de Catalunya Spanyol membuat riset berupa systematic research yang mengakhiri perdebatan dampak video game terhadap otak. Risetnya yang diterbitkan berbagai jurnal internasional populer rupanya akan merubah pandangan kita mengenai dampak video game terhadap kecerdasan manusia.


Marc Palaus mencoba mengakhiri perdebatan diantara ilmuan neurosains dengan mengumpulkan sejumlah 116 riset mengenai “game dan otak” yang telah dilakukan oleh ratusan ilmuan dari berbagai bidang ilmu sejak tahun 1980 hingga 2017. Para peneliti membandingkan otak para pemain game dengan mereka yang tidak pernah bermain game sama sekali. Perbedaan otak dinilai dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging) dan EEG (Electro Encephalography) yang mampu mengukur perbedaan aktivitas otak baik secara morfologi maupun fungsional. Dari hasil perbandingan tersebut maka didapatkan hasil sebagai berikut.
Video game memang mempengaruhi prilaku seseorang namun bukan menjadi penyebab seseorang bertindak ekstrem seperti kriminalitas yang terjadi. Pemain game cenderung lebih agresif dibandingkan orang normal karena pengaruh tayangan dalam game tersebut. Namun seluruh kejadian kriminal di dunia tidak pernah berkaitan dengan seseorang yang bermain video game bukan? Hal tersebut karena otak manusia pada dasarnya mampu membedakan realita dan virtual. Manusia bisa membedakan mana hal yang hanya bisa dilakukan dalam video game, dan mana yang berlaku pada dunia nyata. Sedangkan kriminalitas yang terjadi lebih berkaitan atau dipicu oleh faktor sosial dan ekonomi dari seorang pelaku tindakan kriminal.
Video game masih memiliki dampak buruk meskipun sekaligus memiliki dampak baik yang menabjubkan bagi otak. Dampak terburuk dari video game adalah terjadinya kecanduan dan penggunaan game yang berlebihan karena terpengaruhnya reward circuit dalam otak, dan mengganggu fungsi otak bagian frontal sehingga penyusunan rencana & penyelesaian masalah seseorang pecandu game akan terganggu. Kebanyakan para pecandu game akan menunda pekerjaan/kewajiban mereka ketika dibutakan oleh kenikmatan permainan modern ini. Efek candu terkuat timbul ketika seorang bermain multiplayer karena interaksi sosial melipatgandakan rasa bahagia dalam game dibandingkan hanya bermain dengan komputer.
Bertolak dari teror kecanduan tersebut, video game ternyata mampu membuat kemampuan otak seorang manusia mencapai 100%. Anggapan Einstein mengenai manusia yang hanya mampu menggunakan 10% otaknya, dapat didobrak dengan bermain video game. Tingkat kesulitan yang bertingkat hingga variasi permainan tak terbatas membuat seorang mampu mencurahkan seluruh kemampuan berpikirnya hingga mencapai 100%. Video game dinyatakan sebagai alat untuk latihan kognitif yang efektif untuk mengembangkan daya pikir seseorang. Permainan modern ini juga dapat memperbaiki kemampuan seseorang dalam penyelesaian masalah, memfasilitasi proses belajar, meningkatkan skill visuospasial, sehingga secara umum dapat meningkatkan kecerdasan seseorang.
Manfaat video game pada otak tersebut rupanya dilirik oleh para tenaga kesehatan untuk menyembuhkan penyakit yang menggerogoti otak manusia, seperti stroke. Beberapa rumah sakit di dunia nyatanya telah menggunakan video game sebagai alat rehabilitasi pasien stroke. Dengan adanya hasil penelitian tersebut maka peluang game sebagai alat penyembuh gangguan otak dapat semakin besar, serta anggapan buruk tentang permainan modern ini dapat disingkirkan.

Comments

Popular posts from this blog

Mulai menulis - terimakasih untuk orangtua saya, karena hari ini saya sudah 20 tahun bersama kasih sayang kalian

Tanggal 12 maret 2013 kemarin adalah hari ulang tahun saya yang ke 20 tahun. Sebuah hari yang sangat spesial bagi saya, karena kebetulan bertepatan dengan hari raya nyepi. Sebuah hari raya yang sangat saya sukai. Sebuah hari kelahiran yang sangat saya syukuri.
Saya menyukai hari raya nyepi karena ini satu-satunya hari raya yang tidak di rayakan. Tidak membuang energi untuk melakukan sesuatu hal, hanya cukup berdiam diri di dalam rumah. Tanpa lampu, tanpa beraktifitas, tanpa berinteraksi dengan tetangga, tanpa keluar rumah, dan tanpa menggunakan gadget (meskipun saya menggunakan untuk berterimakasih membalas ucapan selamat ulang tahun teman dan saudara saya). lalu apa yang kita lakukan dong? Hanya diam meng-sepi-kan lingkungan sesuai nama harinya, nyepi. Hal yang saya sukai dengan hari raya nyepi karena di hari ini kita dapat berterimakasih dengan tubuh kita yang sudah bekerja dengan penuh perjuangan selama 1 tahun dengan mengistirahatkan tubuh selama 1 hari penuh (hari raya nyepi dil…

#BukaInspirasi untuk 90 Hari Pertama UKM Anda

Keputusan yang Anda buat di awal bisnis (Usaha Kecil Menengah/UKM) berdampak pada laba dan rugi, bahagia dan sakit hati, kesuskesan dan kegagalan. Dalam artikel kali ini, saya merangkum apa yang Anda butuhkan untuk memulai dengan benar, termasuk rencana untuk 90 hari pertama memulai bisnis. Ada pula saran dari pengalaman nyata beberapa rekan pengusaha sukses yang saya kenal. Dilengkapi pula dengan checklist tindakan untuk menghemat uang Anda dimasa depan, dan jawaban atas rahasia keberhasilan dari sebuah bisnis. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang Anda buat setelah membaca artikel ini. Mimpimu telah berakhir. Memulai bisnis dimulai hari ini September, artinya mendekati tahun 2019. Anda pasti telah lama membayangkan produk ciptaan Anda terjual di supermarket dan mencoba menjelaskan pada pemilik supermarket mengenai keunggulan kompetitif dari produk tersebut. Anggaplah tahun ini anda bertekad meluncurkan bisnis tersebut. Pasti anda mulai bingung harus mulainya dari mana bukan? Beriku…

Terapi Khusus dari ASUS

“ini dokter, saya sering sekali merasakan perih pada mata setelah main laptop” keluhan seorang pasien pagi ini, dengan matanya yang merah dan berair. Bekerja di puskesmas di Bali membuat saya kerap kali putar otak untuk mengobati keluhan di atas. Kami menyebutnya penyakit millennial. Penyakit akibat kemajuan teknologi ini semakin banyak terjadi, mulai dari keluhan pada mata, nyeri leher, hingga kekakuan pada jari. Kebetulan sebagian besar usia pasien dengan penyakit ini adalah kaum muda atau millennial yang telah akrab dengan teknologi sedari lahir. Namun sesungguhnya teknologi dapat memberi manfaat seperti yang saya lakukan dengan Laptop ASUS WX232D saya.
Kami menyebutnya sebagai Terapi ASUS. Nama ini terlahir dari laptop ASUS yang mempermudah terapi edukasi pada pasien tanpa batasan usia. Pada pasien tua ini menjadi daya tarik karena penyakit dapat dijelaskan lewat gambar dan animasi. Semakin menarik pada pasien anak-anak karena daya ingin tau yang membuat mereka betah menonton penjel…