Skip to main content

IDN TIMES Perangi Penyakit Digital kaum Millennials


Penyakit digital kini menghantui kaum millennial yang sedari lahir telah akrab terhadap gadget dan berbagai perangkat digital. Penyakit pada mata, otak, hingga gangguan psikologis sedang dan berat seperti cemas, deperesi dan insomnia telah menunggu generasi ini, bila tidak menggunakan gadget dengan bijak. Berbagai peneliti baik di dunia maupun di Indonesia, telah mendeklarasikan dampak bahaya dari perangkat digital, seperti yang terangkum pada gambar diatas. Apakah salah satu penyakit tersebut telah anda rasakan?
Sesungguhnya teknologi modern ini (perangkat digital) dapat digunakan untuk memberikan sejuta manfaat pada diri kita, seperti membuat otak kita bekerja hingga 100% seperti pada ulasan di blog ini sebelumnya. Manfaat lain dari perangkat digital adalah kemunculan e-book atau berbagai artikel non cetak, yang dapat dengan murah dan mudah diakses oleh siapapun. Para ilmuan pun telah membuktikan bahwa membaca tulisan digital nyatanya meningkatkan motivasi seorang anak untuk membaca. Inilah yang membuat media online IDN Times, layak dipertahankan sebagai salah satu media karya anak bangsa, yang mampu memberikan manfaat bagi generasi millennials.
Setelah seseorang telah termotivasi untuk membaca, kini tantanganya adalah bagaimana memberikan bacaan yang sehat? Apalagi ditengah gempuran hoax dan artikel sampah yang justru membuat kita semakin cemas. Oleh karenanya, berikut adalah taktik IDN Times dalam mencegah dan mengobati teror penyakit digital bagi kaum millennials.

Mengobati Depresi

Depresi adalah lawan dari perasaan bahagia. Depresi dapat terjadi ketika seseorang mengalami kesedihan yang amat sangat, atau jauh dari rasa senang dan terhibur. Hiburan dapat dengan mudah ditemukan pada IDN Times. Mulai dari berita goodnews, hingga video lucu dapat dinikmati dalam satu situs ini. Quiz yang menghibur dengan hasil yang mengejutkan, juga menjanjikan hiburan yang sangat unik.

Mengobati Antisosial


Fitur komunitas dalam situs ini dapat membuat kita bertemu dengan banyak teman baru, dan pengalaman baru. Kita dapat berkomunikasi dengan pembuat artikel, bahkan kita dapat membuat artikel kita sendiri dan dibayar! Inilah wadah korespondensi masakini yang membuat seseorang lepas dari belenggu individualisme.

Mengobati Cemas


Cemas adalah rasa kawatir yang berlebihan terhadap suatu hal. Rasa kawatir dapat dengan mudah dialihkan dengan menonton atau membaca sesuatu. Teknik tradisional ini telah sukses menyelamatkan banyak orang dari rasa cemas berlebih, oleh karenanya bacaan atau tontonan yang menghibur amat laku dipasaran. Mirip dengan cara IDN Times mengobati depresi, hiburan yang disediakan dalam situs ini juga dapat maembantu menyelamatkan seorang dari kecemasan. Cukup klik video lucu, atau mainkan Quiz dalam situs ini. Atau sibukkan diri anda membaca artikel bermanfaat, tinggal disesuaikand dengan kebutuhan kita.

Memperbaiki Otak


Mengasah kecerdasan dapat dilakukan dengan cara menambah wawasan. Setiap harinya terdapat berbagai informasi baru nan bermanfaat pada situs ini. IDN Times menyediakan berbagai bacaan sehat dan menarik, dari berita politik hingga sains yang mampu melepas dahaga rasa ingin tahu seorang manusia. Ditambah manfaat mengobati cemas, depresi, dan antisosial, tentu situs ini secara simultan akan memperbaiki otak kita.

Aman untuk Mata


Tampilan IDN Times sangat ramah untuk dipandang dalam waktu yang lama. Susunan huruf dan gambar resolusi tinggi yang memanjakan mata akan membuat pembaca sangat betah untuk berselancar dalam situs ini. Meskipun belum ada suatu fitur yang dapat memberikan peringatan bagi penikmat situs ini untuk sesekali mengistirahatkan matanya, misalnya bila telah membaca selama 20 menit. 

***

Itulah lima alasan bagaimana IDN Times dapat mengindarkan generasi millennials dari penyakit digital seperti cemas, depresi, insomnia dan yang lainya. Mari kita dukung selalu perkembangan situs tersebut dan situs sejenis karya anak bangsa lainya.

Comments

Popular posts from this blog

Mulai menulis - terimakasih untuk orangtua saya, karena hari ini saya sudah 20 tahun bersama kasih sayang kalian

Tanggal 12 maret 2013 kemarin adalah hari ulang tahun saya yang ke 20 tahun. Sebuah hari yang sangat spesial bagi saya, karena kebetulan bertepatan dengan hari raya nyepi. Sebuah hari raya yang sangat saya sukai. Sebuah hari kelahiran yang sangat saya syukuri.
Saya menyukai hari raya nyepi karena ini satu-satunya hari raya yang tidak di rayakan. Tidak membuang energi untuk melakukan sesuatu hal, hanya cukup berdiam diri di dalam rumah. Tanpa lampu, tanpa beraktifitas, tanpa berinteraksi dengan tetangga, tanpa keluar rumah, dan tanpa menggunakan gadget (meskipun saya menggunakan untuk berterimakasih membalas ucapan selamat ulang tahun teman dan saudara saya). lalu apa yang kita lakukan dong? Hanya diam meng-sepi-kan lingkungan sesuai nama harinya, nyepi. Hal yang saya sukai dengan hari raya nyepi karena di hari ini kita dapat berterimakasih dengan tubuh kita yang sudah bekerja dengan penuh perjuangan selama 1 tahun dengan mengistirahatkan tubuh selama 1 hari penuh (hari raya nyepi dil…

#BukaInspirasi untuk 90 Hari Pertama UKM Anda

Keputusan yang Anda buat di awal bisnis (Usaha Kecil Menengah/UKM) berdampak pada laba dan rugi, bahagia dan sakit hati, kesuskesan dan kegagalan. Dalam artikel kali ini, saya merangkum apa yang Anda butuhkan untuk memulai dengan benar, termasuk rencana untuk 90 hari pertama memulai bisnis. Ada pula saran dari pengalaman nyata beberapa rekan pengusaha sukses yang saya kenal. Dilengkapi pula dengan checklist tindakan untuk menghemat uang Anda dimasa depan, dan jawaban atas rahasia keberhasilan dari sebuah bisnis. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang Anda buat setelah membaca artikel ini. Mimpimu telah berakhir. Memulai bisnis dimulai hari ini September, artinya mendekati tahun 2019. Anda pasti telah lama membayangkan produk ciptaan Anda terjual di supermarket dan mencoba menjelaskan pada pemilik supermarket mengenai keunggulan kompetitif dari produk tersebut. Anggaplah tahun ini anda bertekad meluncurkan bisnis tersebut. Pasti anda mulai bingung harus mulainya dari mana bukan? Beriku…

Terapi Khusus dari ASUS

“ini dokter, saya sering sekali merasakan perih pada mata setelah main laptop” keluhan seorang pasien pagi ini, dengan matanya yang merah dan berair. Bekerja di puskesmas di Bali membuat saya kerap kali putar otak untuk mengobati keluhan di atas. Kami menyebutnya penyakit millennial. Penyakit akibat kemajuan teknologi ini semakin banyak terjadi, mulai dari keluhan pada mata, nyeri leher, hingga kekakuan pada jari. Kebetulan sebagian besar usia pasien dengan penyakit ini adalah kaum muda atau millennial yang telah akrab dengan teknologi sedari lahir. Namun sesungguhnya teknologi dapat memberi manfaat seperti yang saya lakukan dengan Laptop ASUS WX232D saya.
Kami menyebutnya sebagai Terapi ASUS. Nama ini terlahir dari laptop ASUS yang mempermudah terapi edukasi pada pasien tanpa batasan usia. Pada pasien tua ini menjadi daya tarik karena penyakit dapat dijelaskan lewat gambar dan animasi. Semakin menarik pada pasien anak-anak karena daya ingin tau yang membuat mereka betah menonton penjel…