Skip to main content

Ancaman Tersembunyi dari Obat Herbal


Persepsi bahwa obat-obatan herbal aman karena berasal dari bahan alami tanpa sadar membahayakan kesehatan mereka, menurut laporan di Medical Journal of Australia.
Laporan ini menyoroti berbagai masalah dalam obat herbal tradisional yang mengandung bahan kimia beracun dari hewan dan tumbuhan, serta logam berat dan pestisida.
"Efek samping beracun dari obat-obatan herbal yang digunakan dalam masyarakat tradisional biasanya tidak pernah dilaporkan" kata penulis utama Prof Roger Byard dari The University of Adelaide.
"Namun, kurangnya pengawasan menemukan beberapa efek samping yang serius, seperti gagal ginjal dan kerusakan hati oleh karena beberapa spesies tanaman, yang tidak diketahui sampai saat ini."
Lebih dari separuh orang yang menggunakan obat-obatan komplementer, termasuk produk herbal, tidak memberi tahu dokter mereka. "Masalahnya, obat herbal kurang meneliti mengenai interaksi obat," kata rekan penulis Dr Ian Musgrave.
"Tidak hanya obat-obatan herbal yang dapat berinteraksi dengan obat-obatan farmasi konvensional tetapi juga dengan obat-obatan herbal lainnya yang mungkin digunakan pasien."
Para penulis mengatakan bahwa karena regulasi industri yang relatif ringan, kandungan dan kualitas sediaan herbal tidak dikontrol secara ketat seperti obat-obatan standar.
"Sejumlah besar obat-obatan herbal tradisional tidak sesuai dengan peraturan Australia," Musgrave memperingatkan.
“Dalam beberapa kasus, bahan-bahan tidak terdaftar atau konsentrasinya direkam secara tidak akurat di situs web atau label.“
Dalam kasus lain, spesies tanaman dengan mudahnya diganti karena sulit untuk mendapatkan sumber atau terlalu mahal.
Spesies pengganti mungkin berpotensi beracun. Yang paling mengkhawatirkan, beberapa produk secara ilegal dipalsukan dengan obat-obatan standar untuk meningkatkan efektivitas produk herbal,” kata Musgrave.
Tindakan hukum harus dipertimbangkan dalam kasus ketidakpatuhan terhadap peraturan yang berlaku, dan persiapan yang mengandung zat ilegal harus dilarang.
Para peneliti mengatakan bahwa ini akan membutuhkan lebih banyak pengujian, lebih banyak survey, dan ini secara alami akan menghasilkan lebih banyak biaya untuk industri.
Biaya besar membuat keengganan dari industri untuk melakukan hal ini, dan parahnya mereka mengklaim bahwa selama ribuan tahun produk herbal aman tanpa tes semacam itu.
Potensi risiko terhadap kesehatan manusia diabaikan hanya demi menekan biaya industri dan klaim keamanan produk herbal yang belum dapat dibuktikan secara ilmiah.
semoga para industri herbal semakin memperhatikan efek samping dari produk mereka, dan melakukan penelitian untuk menyempurnakan produk mereka.

Comments

Popular posts from this blog

Mulai menulis - terimakasih untuk orangtua saya, karena hari ini saya sudah 20 tahun bersama kasih sayang kalian

Tanggal 12 maret 2013 kemarin adalah hari ulang tahun saya yang ke 20 tahun. Sebuah hari yang sangat spesial bagi saya, karena kebetulan bertepatan dengan hari raya nyepi. Sebuah hari raya yang sangat saya sukai. Sebuah hari kelahiran yang sangat saya syukuri.
Saya menyukai hari raya nyepi karena ini satu-satunya hari raya yang tidak di rayakan. Tidak membuang energi untuk melakukan sesuatu hal, hanya cukup berdiam diri di dalam rumah. Tanpa lampu, tanpa beraktifitas, tanpa berinteraksi dengan tetangga, tanpa keluar rumah, dan tanpa menggunakan gadget (meskipun saya menggunakan untuk berterimakasih membalas ucapan selamat ulang tahun teman dan saudara saya). lalu apa yang kita lakukan dong? Hanya diam meng-sepi-kan lingkungan sesuai nama harinya, nyepi. Hal yang saya sukai dengan hari raya nyepi karena di hari ini kita dapat berterimakasih dengan tubuh kita yang sudah bekerja dengan penuh perjuangan selama 1 tahun dengan mengistirahatkan tubuh selama 1 hari penuh (hari raya nyepi dil…

#BukaInspirasi untuk 90 Hari Pertama UKM Anda

Keputusan yang Anda buat di awal bisnis (Usaha Kecil Menengah/UKM) berdampak pada laba dan rugi, bahagia dan sakit hati, kesuskesan dan kegagalan. Dalam artikel kali ini, saya merangkum apa yang Anda butuhkan untuk memulai dengan benar, termasuk rencana untuk 90 hari pertama memulai bisnis. Ada pula saran dari pengalaman nyata beberapa rekan pengusaha sukses yang saya kenal. Dilengkapi pula dengan checklist tindakan untuk menghemat uang Anda dimasa depan, dan jawaban atas rahasia keberhasilan dari sebuah bisnis. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang Anda buat setelah membaca artikel ini. Mimpimu telah berakhir. Memulai bisnis dimulai hari ini September, artinya mendekati tahun 2019. Anda pasti telah lama membayangkan produk ciptaan Anda terjual di supermarket dan mencoba menjelaskan pada pemilik supermarket mengenai keunggulan kompetitif dari produk tersebut. Anggaplah tahun ini anda bertekad meluncurkan bisnis tersebut. Pasti anda mulai bingung harus mulainya dari mana bukan? Beriku…

Terapi Khusus dari ASUS

“ini dokter, saya sering sekali merasakan perih pada mata setelah main laptop” keluhan seorang pasien pagi ini, dengan matanya yang merah dan berair. Bekerja di puskesmas di Bali membuat saya kerap kali putar otak untuk mengobati keluhan di atas. Kami menyebutnya penyakit millennial. Penyakit akibat kemajuan teknologi ini semakin banyak terjadi, mulai dari keluhan pada mata, nyeri leher, hingga kekakuan pada jari. Kebetulan sebagian besar usia pasien dengan penyakit ini adalah kaum muda atau millennial yang telah akrab dengan teknologi sedari lahir. Namun sesungguhnya teknologi dapat memberi manfaat seperti yang saya lakukan dengan Laptop ASUS WX232D saya.
Kami menyebutnya sebagai Terapi ASUS. Nama ini terlahir dari laptop ASUS yang mempermudah terapi edukasi pada pasien tanpa batasan usia. Pada pasien tua ini menjadi daya tarik karena penyakit dapat dijelaskan lewat gambar dan animasi. Semakin menarik pada pasien anak-anak karena daya ingin tau yang membuat mereka betah menonton penjel…